JENIS GAMBAR
Gambar Bitmap :
- Sebuah gambar bitmap terbuat dari titik-titik individual(pixel)
- Memiliki variasi bit dan kedalaman warna
- Sebuah gambar bitmap terbuat dari titik-titik individual(pixel)
- Memiliki variasi bit dan kedalaman warna
Digunakan untuk:
-
Gambar yang memerlukan tingkat realistis seperti foto
(photo-realistic images
- Gambar kompleks
- Gambar kompleks
- Gambar yang memerlukan detail terbaik
Gambar Vektor : - Sebuah garis yang didefinisikan dengan lokasi kedua titik ujungnya
- Gambar vektor
menggunakan bantuan koordinat Kartesius (x, y)
Digunakan
untuk :
- CAD (Computer-Aided Design)
- Digunakan di Adobe Illustrator, CorelDRAW
- Software 3D
BITMAP VS VEKTOR
PEMBANDING
|
BITMAP
|
VEKTOR
|
Ukuran Penyimpanan
|
Besar
|
Kecil
|
Gambar
|
Detail
|
Simple
|
Dilakukan Perbesaran Skala
|
Pixel akan terlihat jelas (pecah)
|
Gambar tidak akan pecah
|
Kegunaan
|
Fotografi
|
Sebagai logo
|
RESOLUSI GAMBAR
- Resolusi cetak: 300 DPI
- Resolusi layar: 72 PPI
- DPI = Dot per Inch
Satuan untuk resolusi output (cetak)
- PPI = Pixel per Inch
Satuan untuk resolusi input suatu
foto/gambar
TEORI WARNA
Terdapat
beberapa macam sistem warna:
Warna aditif (additive color)
- Warna dibuat dengan
menambahkan cahaya dari dua atau lebih warna
- Tiga warna utama: merah
(Red), hijau (Green), biru (Blue) -> sistem RGB
- Dapat dihasilkan dari
benda apapun yang memancarkan cahaya
Warna substraktif (substractive color)
- Warna dibuat dengan
mengurangi (menyerap) spektrum cahaya tertentu
- Tiga warna utama:Red, Yellow, Blue (RGB)
- Sistem modern menggunakan
warna Cyan, Magenta, dan Yellow (CMY)
- Dapat dihasilkan dengan
menutupi permukaan putih dengan benda apapun yang
berpigmen (cat, tinta, dsb.)
Warna substraktif adalah
warna kebalikan dari aditif . Hasil campuran warna aditif menghasilkan warna
substraktif , begitu pula sebaliknya.
SISTEM CMYK
Terdiri dari 4 warna : Cyan, Magenta, Yellow, dan Key(hitam)
Warna hitam dapat dibuat dengan mencampurkan tiga warna utama.
Beberapa alasan
penggunaan tinta hitam:
- Teks biasa dicetak
berwarna hitam dan membutuhkan detail tinggi (misal serif) - Tidak
praktis mencampur tiga warna untuk mendapatkan warna hitam
- Membutuhkan waktu yang lebih lama jika mencetak
dengan pencampuran warna CMY
- Pencampuran tiga warna
untuk warna hitam lebih lama kering
- Pencampuran tiga warna
pada prakteknya tidak dapat menciptakan warna hitam sempurna(abu-abu gelap)
- Tinta hitam lebih murah
FORMAT BERKAS GAMBAR
BMP (Bitmap):
- Format berkas untuk
menyimpan gambar raster/bitmap
- Independen terhadap alat
penampil
- Ukuran berkas biasanya
besar
GIF(Graphics Interchange Format) :
- Mendukung animasi &
transparansi
- Ukuran berkas biasanya besar
- Warna terbatas (256
warna)
- Biasanya digunakan untuk
logo/animasi pendek
JPEG (Joint Photographic Experts Group):
- Kompresi data dengan
sedikit pengurangan kualitas
- Ukuran biasanya kecil
- Biasa digunakan untuk
gambar fotografi untuk disebarkan di Internet
PNG(Portable Network Graphics) :
- Mendukung transparansi
dan alpha channel
- Ukuran berkas biasanya
besar
- Kualitas lebih bagus
dari GIF
EPS(Encapsulated PostScript) :
- Dapat berisi gambar
bitmap atau vektor
- Tidak mendukung
transparansi
- Kualitas bagus
TIFF(Tagged Image File Format) :
- Ukuran berkas biasanya besar
- Dikembangkan oleh Aldus,
sekarang dimiliki Adobe
- Tidak semua sistem bisa
membuka TIFF
GAMBAR
Ada beberapa jenis gambar sesuai
kegunaannya:
- Pada media
periklanan adalah kemampuan memberi kesan dapat dipercaya.
- Pada media seni digunakan sebagai ilustrasi dalam layout
- Pada media surat kabar , foto digunakan sebagai
informasi teraktual
Artwork :
- Untuk
menyajikan informasi yang lebih akurat
- Artwork adalah segala
jenis karya seni bukan fotografi, baik berupa ilustrasi, kartun, dan sketsa. - Biasanya digunakan pada buku cerita anak
Infografi :
- Fakta-fakta
dan data statistik hasil penelitian
- Disajikan dalam bentuk
grafik, tabel, diagram, bagan, peta, dan lain-lain.
No comments:
Post a Comment