Pages

Monday, October 6, 2014

Lesson 5: Software

APA ITU SOFTWARE?

Apa sih pengertian software/perangkat lunak? 
Perangkat lunak atau yang bisa kita kenal dengan software, aplikasi, atau program yang pastinya berhubungan dengan perangkat keras (hardware) adalah kumpulan data yang ada pada komputer (hardware), data tersebut bisa berupa instruksi untuk dijalankan sesuai dengan kemauan pengguna.

Hardware dan software pastinya berbeda, hardware bisa disentuh, terlihat secara fisik, dan nyata. Sedangkan software tidak dapat disentuh, karena tidak berwujud fisik, tetapi dapat dioperasikan. Tanpa hardware, software tidak akan berfungsi. Begitu juga tanpa software, hardware menjadi benda kosong.

Software dan Hardware


 Contoh software: 


Contoh hardware:



Salah satu contoh hardware yaitu laptop. Bisa kita perhatikan, software yang dijalankan pada laptop tersebut. Software dan hardware pasti bekerja sama untuk menjalankan fungsinya.

JENIS-JENIS SOFTWARE


Software terbagi beberapa jenis, yaitu perangkat lunak sistem atau sistem operasi, aplikasi, dll. 
  •  Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur hardware agar aplikasi yang terdapat didalamnya dapat bekerja. Contohnya adalah windows, linux, android. 
  • Aplikasi adalah software yang melakukan pekerjaan sesuai dengan instruksi pengguna. Contoh aplikasi adalah ms word, game, dll

 Software juga dibedakan bedasarkan cara mendapatkannya, yaitu: 
  • Software open source (software yang biasanya gratis dan mengijinkan orang untuk menggunakan, mengubah, meningkatkan, dan mendistribusikan software tersebut. Contoh: audacity, gimp).  
  • Software proprietary atau software tidak gratis, software ini memiliki batasan dalam mengunakan dan memodifikasi, sesuai dengan yang ditentukan oleh pembuatnya (contoh: system operasi windows).

Banyak kejadian yang terjadi pada software seperti pelanggaran hak cipta atau pembajakan, software yang seharusnya dibeli atau terbatas tetapi di-crack sehingga menjadikan software tersebut bisa dipakai selamanya. Jika ketahuan, bisa berurusan dengan pihak yang berwajib karena ada hukum yang berlaku.

SOFTWARE YANG BERHUBUNGAN DENGAN MULTIMEDIA

  • Editor teks/software pengolah kata, yang terkenal adalah ms word. Fitur ada pada software tersebut adalah mengecek ejaan, mencetak, dll. Ada pula OCR (Optical Character Recognition), software yang dapat mengubah gambar menjadi teks, biasanya terdapat pada scanner.
  • Alat grafik, software yang mendukung pengguna dalam mengedit/sebagai alat gambar dan permodelan 2D/3D. Contoh software untuk alat gambar/mengedit gambar, pada jenis bitmap: adobe photoshop, GIMP. Pada vektor: adobe illustrator, corel draw. Fitur yang ada seperti layer (biasanya pada photoshop), brush, pen, dukungan teks, dll. Software yang mendukung permodelan 2D/3D contohnya 3ds max, blender, dll. fitur yang ada jendela dimensi, pencahayaan, dsb.
  • Editor suara, software yang membuat pengguna melihat suara dalam bentuk grafik, mendengarkannya, dan juga bisa membuat suara sendiri. Contoh software: wavepad, audacity.  
  • Editor animasi, video, dan Film digital Software untuk mengeditor video/film contohnya movie maker, moviestorm, dsb. Biasanya ukuran file cukup besar sesuai pada kualitas video/film. 
  • Animasi, berdasarkan jenisnya terbagi menjadi beberapa macam yaitu: 
    • Animasi frame, animasi yang dibuat dari banyak gambar beatmap (frame) dan dijalankan dengan cepat (minimal 24 gambar per detik) sehingga dapat menipu mata dan terlihat bergerak.
    • Animasi vektor, animasi yang menggunakan posisi, arah dan garis/vektor untuk membentuk suatu gambar (contoh: adobe flash) 
    • Morphing, animasi yang mengurutkan gambar berubah menjadi gambar lain (seperti metamorphosis). Contoh: abrosoft fantamorp)

Gimana? Cukup mengerti software kan?


Sumber:
Slide materi perangkat lunak



KAMI SEBAGAI MAHASISWA JURUSAN MULTIMEDIA BUTUH SOFTWARE APA SAJA SIH?

Karena kami adalah mahasiswi jurusan Multimedia, tentu kami membutuhkan beragam software untuk mengerjakan tugas-tugas kami dong. Apa saja? Kira-kira software-software yang berikut ini nih (harga produk asli):
  1. Microsoft Visual Studio 2010 Ultimate (Rp 9.290.000)
  2. Adobe Photoshop CS6 (Rp 9.345.000)
  3. Autodesk 3D Mask Design 2014 ( Rp 39,980,600)
  4. Corel DRAW Graphic Suite X6 (Rp 4.383.000)
  5. Adobe Flash Professional CS6 (Rp 8.450.000)
  6. Adobe Illustrator CS6 (Rp 8.219.000)
  7. Audacity (FREE)
  8. Magix Music Maker 2014 Premium (Rp 628.000)
  9. Adobe Indesign CS6 (Rp 8.462.000)
  10. Adobe Dream Weaver (Rp 4.810.000)
  11. Unreal Development Kit (Rp 300.000)
  12. Autodesk Autocad 2014 (Rp 46,077,900)
  13. Windows Movie Maker (FREE)
Gimana teman-teman? Hebat kan? Harganya juga hebat :')
Karena harganya yang selangit tersebut, kami cenderung lebih memilih produk yang lebih murah dan mudah didapat tetapi tentu dengan kualitas yang sama bagusnya. Mungkin kami akan membeli beberapa software ini, atau mendownload sendiri dan menggunakan kode registrasi yang sekarang ini sudah banyak sekali yang men-share. Yah namanya juga manusia, wajar kan kalau kami ingin yang instan dan gratis? :p 

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com