Pages

Thursday, December 18, 2014

Lesson 11: Evolution of Gaming

EVOLUTION OF GAMING

Hey~! topik kali ini adalah topik terakhir yang berkaitan dengan game, eiit kita bukan bermain loh ya. Tetapi kita akan membahas tentang sejarah, perkembangan, dan cara memproduksi. Sebelum itu apakah kalian tahu pengertian dari game? Game adalah permainan (LOL xD hampir semua orang mengetahui itu) yah tentu saja yang game yang dimaksud meruapakan video game atau permainan yang dimainkan dengan teknologi/ media, terutama console (bukan bermain dengan praktek atau yang tidak menggunakan alat/ console, contoh: polisi-maling, pajakan dll). Mengerti kan? Oke dimulai dengan sejarah..

History

Setelah komputer ditemukan.. mulailah game berkembang (*horee). Sekitar tahun 1950-1960an permainan di computer mulai dikembangkan, setelah itu tahun-tahun selanjutnya game berkembang mulai dari arcade, console, pc game, game portable dll. Tahukah kalian bahwa ‘space war’ adalah game pertama yang dimainkan pada komputer. Selanjutnya berkembang ke mesin arcade.

Dalam perkembangan ‘game arcade’, produk yang mencapai hit pertama adalah ‘pong’ diproduksi oleh Atari (Amerika). Oh iya, apakah kalian tahu arcade game itu apa? Arcade game adalah game yang mengandalkan kelincahan pemain dalam mengontrol kecepatan dan ketepatan dalam mengendalikan kontrol game. Biasanya pada game center terdapat mesin yang bisa dimainkan jika diberi koin, ini juga merupakan salah satu ciri-ciri game arcade. Pada game arcade juga terdapat salah satu jenis game yang cukup populer yaitu pinball (sampai dikenal dengan ‘pinball era’, pada dasarnya digunakan dalam dunia perjudian).

Selanjutnya PC game, dari namanya saja kita sudah tau bahwa ini merupakan game yang dimainkan di computer bukan pada mesin. Tentunya lebih menarik tetapi tidak bisa dibawa kemana-mana (komputer) tapi kalau menggunakan laptop pastinya cukup berat ketika dibawa. Dari game pc muncul online game, online game yang pertama kali adalah MUD (Multiplayer User Dungeon) diciptakan oleh Roy Trubshaw pada tahun 1978.

Sempat terjadi game crash pada tahun 1983 dimana banyak perusahaan game bangkrut, hal ini terjadi karena terlalu banyak game yang dibuat dan kualitas game tersebut tidak terlalu bagus akibatnya menjadi tidak laku dan akhirnya perusahaan menjadi bangkrut. Tidak semua perusaahaan game bangkut inilah dimana Nintendo menjadi console yang paling terkenal bahkan sampai sekarang termasuk karena menciptakan NES (Nintendo Entertainment System), game portable pertama yaitu game watch, etc. Nintendo sendiri saat ini pun masih terkenal dengan menciptakan game untuk wii, playstation, dan xbox.

Selanjutnya kita akan membahas sejarah game console Dari tadi ada kata console, kalian tahu console itu apa? Game console adalah mesin untuk memainkan video game. Biasanya membutuhkan layar dari televisi atau monitor komputer, juga membutuhkan alat untuk mengontrolnya (contoh pada PS – joystick).

Generasi pertama

Pada 1972-1977. Pada awalnya orang-orang belum mengenal apa itu konsol, hanya ada istilah ‘video game’, lalu sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama yaitu odyssey. Setelah itu Atari merilis pong dalam bentuk sebuah mesin ding-dong, pong merupakan game dengan konsep permainan tenis, dua papan dengan satu bola.

Generasi kedua

Dari tahun 1977-1983. Pada generasi ini biasa disebut sebagai awal era 8 bit, menggunakan mikroprosesor, program ditanamkan dengan di chip ROM dengan casing plastic.game yang terkenal di era ini: space invader, pac-man, Mario bros, etc. Atari 2600 sempat hit di generasi ini.

Generasi ketiga

Dimulai pada tahun 1983-1995, diawali dengan famicom (Jepang) kemudian dikenal oleh seluruh dunia dengan nama NES ciptaan Nintendo. Kontroler yang digunakan: gamepad. Game yang dimainkan: super Mario bros, bomberman, dll.

Generasi keempat

Tahun 1987-1999, merupakan era 16-bit. Pada generasi ini mulai menggunakan CD-ROM. Sebuah perusahaan bernama SEGA mencoba menyaingi Nintendo, tahun 1988 sega merilis console next-generation mereka yaitu Sega mega drive (juga dikenal dengan sega genesis). Nintendo tetap bertahan dan membuat SNES.

Generasi kelima

Tahun 1993-2006, merupakan era 32 dan 64-bit. Konsol yang sukses di era ini adalah sony playstation atau yang disebut PS-one (merupakan konsol yang terlaris sepanjang masa). Masih ada sega dan Nintendo, karena menyadari ketinggalan mereka, sega merilis sega Saturn dan Nintendo merilis Nintendo 64, tetapi masih kalah dengan ps1.

Generasi keenam

Dari tahun 1998 tetapi masih belum diketahui kapan berakhirnya, sega keluar dari persaingan setelah gagal menjatuhkan sony dengan merilis sega dreamcast. Nintendo tetap bertahan dengan mengeluarkan gamecube, tetapi masih kalah karena sony merilis ps2, satu-satunya pesaing sony adalah Xbox hasil ciptaan Microsoft tapi kurang populer dibandingkan dengan sony.

Generasi ketujuh

Mulai tahun 2005, dari Microsoft yang merilis Xbox 360 (gambar HD) lalu Nintendo mengeluarkan Wii (consol stik yang ‘motion sensitive’ - mengikuti gerak player) dan sony mengeluarkan ps3. Penjualan sony menjadi yang terendah di bawah Xbox 360 dan Nintendo Wii.

Generasi kedelapan

Dimulai dari Nintendo merilis Wii U pada 2012 lalu, selanjutnya diikuti oleh Microsoft yang merilis Xbox one dan Sony dengan PS4 (keduanya pada tahun 2013). Untuk game portable ada 3ds dan sony ps vita.


Masih belum ada info terbaru untuk generasi selanjutnya, tetapi semakin banyak pesaing baru contoh Valve – steam box, etc


Game Development process


Daritadi kita membicarakan game, kali ini kita akan bicara mengenai ‘cara’ atau ‘proses’ pembuatan game.


Dasarnya:


Ide – usul/saran (proposal) – design game
Mirip dengan Game Development Life Cycle (GDLC) 

  • Pre-production (tahap design) 
    • Perencanaan objek, memfokuskan pada ide dan konsep pengembangan, biasa menghasilkan dokumen (contoh: game design document, technical design document, etc.) bisa juga diwujudkan dengan prototype (biasanya bisa dimainkan)
  • Production (testing)
    •  Pada production fitur yang ada ditambahkan, diperbaiki, ataupun dibuang. Memakan waktu yang cukup lama kurang lebih 12 bulan. Testing dapat dimulai begitu suatu fitur selesai dibuat, ada pekerjaan di dunia gamei yaitu tester dimana bekerja dengan bermain game dan mencari keanehan yang terdapat dalam game, tertarik untuk mencoba? 
  • Post-production (maintenance) 
    • Pembetulan bug/glitch (keanehan pada game, diperbaiki dengan membuat patch), biasanya terjadi pada game MMO,

Untuk membuat game bisa juga didahului dengan tahap analisis yaitu mencari tahu genre yang paling disukai, yang mulai jenuh, keingin gamer, etc.


Sejauh ini kalian tahu perbedaan antara game developer dan game publisher?

Yap, dari namanya saja sudah berbeda. Tapi masih ada orang yang mengira sama. Game developer adalah pembuat atau pencipta game, sedangkan game publisher adalah pihak yang merilis game (termasuk mengurus hal promosi, penjulan, dsb untuk menjual game) biasanya pada game nama yang muncul dulu ketika membuka game adalah publisher, selanjutnya developer bahkan ada nama developer yang tidak dicantumkan.

Pembuatan Game


Untuk membuat game tentunya kita membutuhkan game engine. (biasanya game engine terdiri dari rendering engine, sound, animation, networking, etc. contoh game engine: cryEngine 3: crysis 2, idTech 5: rage, etc)


Engine yang lain: UDK (Unreal Development Kit, versi terbaru Unreal Engine 4, khusus kepentingan edukasi), Unity (mendukung banyak platform, bisa juga digukanan dalam keperluan non-game), Game maker juga bisa untuk membuat game bahkan tidak perlu pengetahuan bahasa pemrograman. Fitur yang ada: grafik 3d, networking multiplayer, etc.


Untuk pemula, cari dana untuk pembuatan game (ex: dengan crowdfunding, dimana bisa membeli game dalam tahap pre-produksi, sebagai gantinya bisa mendapatkan artwork, soundtrack, nama muncul dalam kredit, dll. contoh: indieGogo, kickstarter, dsb) atau cari tempat menjual game. Untuk menjual bisa mengecek di steam atau steam greenlight. Sedikit tambahan, ada loh game Indonesia yang sukses dari crowdfunding contoh dreadOut (Indiegogo), etc.


… akhirnya selesai

Cukup banyak yang disampaikan, penulis juga lelah untuk mengetik *huft

Sekian & thanks sudah membaca hingga akhir~ harapan: semoga mengerti apa yang dibaca~



Sumber:

Slide ppt – evolution of gaming




http://ilmuforfree.blogspot.com/2011/12/sejarah-perkembangan-konsol-game.html

ASSIGNMENT!




Summon Night - Swordcraft Story 2

Game yang dimainkan pada gameboy advance, dari atlus. Genre game ini action RPG, pada game ini kita adalah seorang penempa senjata lebih tepatnya seorang craftknight. Kita bisa memiliki partner atau guardian beast (ada 4 pilihan), berpetualangan melawan monster untuk menaikan level dan mendapat item (bisa sebagai bahan untuk membuat senjata lain.

Yang membuat ketagihan adalah tantangan pada game tersebut yaitu membuat semua senjata, melengkapi bestiary dengan bertemu dengan semua musuh (monster) dalam game, mengungkap semua rahasia yang ada di game tersebut (short story), dan yang terpenting menyelesaikan storyline yang menarik. Art design game dan sound effect juga lumayan bagus sehingga memainkan gamenya tidak bosan (menikmati art-nya terutama karakter sendiri ataupun yang disekitar). Setelah tamat pun, ada pintu di dungeon bos terakhir yang terbuka, disini bisa kita pasti bertemu monster baru yang pastinya lebih kuat dan ada bahan baru untuk membuat senjata, kalau kita menjelajahi kembali akan ada bos yang pernah kita lawan tapi kali ini jauh lebih kuat, kita bisa mendapatkan bahan untuk membuat senjata lagi. Oh ya, model senjata juga cukup menarik, jenis bisa sama karena dari bahan yang sama tetapi bentuknya berbeda satu sama lain, lagipula ada 5 jenis senjata yaitu sword, spear, axe, knuckle, dan drill (tidak mudah untuk bisa membuat seluruhnya, kita hanya bisa memakai 3 dari 5 senjata untuk bertarung, tetapi semuanya tetap berguna contohnya menggunakan sword untuk memotong rumput, drill untuk membuka pintu yang tertimbun batu-batu, dll). Sudah tamat pun mungkin kita akan mengulang lagi kalau ingin melihat skill terakhir partner kita, artinya harus menaikan level partner dan memainkan gamenya lagi (skill mereka berbeda-beda yang pastinya cukup keren).

Kelemahan dari game hmm apa ya?
Cerita di game, ketika kita memilih karakter wanita. Tidak ada perbedaan dengan ekpresi karakter laki-laki tentunya membuat storyline-nya terasa cukup aneh, awkward moment. Kelemahan yang lain mungkin memakan cukup banyak waktu untuk menamatkan game karena pada senjata yang di gunakan ada durability, senjata kita bisa rusak atau pecah ketika durability habis, sehingga kita harus kembali ke kota dan memperbaiki durability senjata yang kita digunakan. Sisanya sudah lebih baik daripada summon night swordcraft story yang pertama. 

Contoh: 

Pada saat awkward moment





Di game ini kita juga bisa memancing (ada ikan legendaries juga loh)
Ini salah satu scene ketika memancing


kita juga bisa berubah dengan menggunakan ‘red daemon gem’


ketika berubah kita menjadi jauh lebih kuat, tetapi tidak bisa mengganti senjata ataupun menggunakan skill lain



melawan bos terakhir - goura


Setelah selesai battle


Jika menggunakan karakter laki-laki di game (kanan, edgar)


Screen shoot diambil dengan menggunakan emulator gba – tekan f12

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com