Pages

Tuesday, September 30, 2014

Lesson 4: Human Computer Interaction

IMK: APA ITU?

Nah kali ini kita akan membahas tentang IMK. Hah? IMK? Apaan tuh? IMK (Interaksi Manusia Komputer) atau Bahasa kerennya HCI (Human  Computer  Interaction) adalah ilmu pengetahuan yang mengulas tentang perancangan, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif terkait dengan penggunaannya oleh manusia beserta hal-hal yang terkait dengan itu.

Tujuan IMK sendiri itu adalah:
  1. Meningkatkan produktivitas individu maupun organisasi
  2. Mengurangi risiko kesehatan dan meningkatkan keselamatan
  3. Mengurangi biaya terkait pengembangan antarmuka pengguna
  4. Kegunaan adalah konsep utama IMK
    •  Kegunaan peduli pada membuat sistem aman, mudah dipelajari dan mudah digunakan.
 Sumber gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFhtpLDPee1Ja_JHKS2lVLd5ffTX3Ou9wrdW6LC4b332kG1PtvaVUGfZMgn4Gp7OIKWbN6gdwD0JPh93m-sCvDhlhBZXGHORV2wT4XgLKkk5e26cby_NF5o9iFDb-sDqBel6ojdfo7NNM/s320/computer.jpg

IMK ITU…..ADA DI MANA-MANA!

Mungkin kita sendiri gak sadar kalau kita dikelilingi oleh IMK. Buktinya?  Nih!




Sumber gambar:
http://betanews.com/wp-content/uploads/2013/06/Skype-6.5-600x377.jpg
http://eg-pic.com/playstation/ikinci-el-playstation-3-alanlar/
http://www.iphone6nl.nl/wp-content/uploads/2014/09/iphone-6-kleuren.jpg
http://thebizzniz.com/wp-content/uploads/2012/12/top-tv-viewing-figures-2012.jpg

Nah lhoooo... sadar gak kalau itu semua termasuk IMK?

Memang kebanyakan dari kita tidak menyadari adanya interaksi antarmuka dengan komputer.
Namanya juga IMK, pasti melibatkan suatu interaksi antara manusia dengan komputer. Interaksi itu ada dengan memasukan ide-ide yang diciptakan manusia dan mewujudkannya dengan komputer. Buat apa? Tentu untuk memajukan teknologi dan mempermudah segala aktivitas manusia. Jadi, kita dapat memberikan ide pada komputer, kita biarkan komputer membantu menerjemahkannya dalam 'bahasa teknologi', dan kita akan mendapat hasil dari bantuan tersebut. Kita jadi dapat melakukan apa pun dengan efektif, efisien, dan hasilnya memuaskan!
Contohnya: Kita ingin mencari tugas yang materinya setumpuk. Lalu dengan bantuan komputer dan internet, kita dapat mencari dan mengerjakan tugas tersebut dengan mudah. Kita pun mendapat keuntungan berupa hasil dari pencarian dan pengerjaan tersebut.


MENGAPA IMK?

Perubahan Lingkungan Komputasi

  • Pada tahun 1950/60-an
    • Sumber daya komputasi sangat mahal
    • Komputer dioperasikan oleh para profesional yang sudah terlatih
  • Pada tahun 1990/2000-an sampai sekarang
    • Sumber daya komputasi murah
    • Komputer tak hanya dapat digunakan oleh para ahli komputer, tetapi juga ahli non-komputer 

Visibility & Affordance 
Dua prinsip yang memastikan IMK yang baik (Norman 1988, 1992):
  • Visibility : Kontrol yang harus terlihat dengan jelas, dengan pemetaan yang baik terhadap efek kontrol.


  • Affordance : Desain harus juga mendukung fungsionalitasnya. Di sini juga dijelaskan bahwa tiap ikon memiliki satu fungsi, seperti yang di bawah ini:

MENGAPA SULIT MENDESAIN AP?

  1. Karena tidak ada solusi yang jelas & langsung untuk mendapat efektivitas, produktivitas, kualitas, dan kontrol yang bagus.
  2. Desain antarmuka pengguna adalah proses kreatif.
  3. Desainer sulit berpikir seperti apa yang pengguna pikirkan.

TANTANGAN IMK

Ada dua tantangan desainer IMK dari kemajuan teknologi:
  1. Bagaimana agar IMK untuk tetap mengikuti perubahan teknologi.
  2. Bagaimana desainer menjamin desain mereka menawarkan IMK yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat.

MENDESAIN IMK


Syarat mendesain IMK? Ini nih...
  • Terpusat pada pengguna
    • Libatkan pengguna sebanyak-banyaknya
  • Gabungkan pengetahuan dan keahlian dari berbagai ilmu
  • Harus sangat interatif
    • Desain memenuhi permintaan pengguna


Nah kalau yang ini kami mencoba mendesain ulang program yang kami rasa kurang enak dilihat. Kami beri before-afternya ya :)

 

BEFORE

 

 

 AFTER


So... what do you think?


1 comment:

 

Template by BloggerCandy.com