Pages

Friday, November 14, 2014

Lesson 8: Authoring Tools

AUTHORING TOOLS


Kali ini kami akan membahas tentang authoring tools. Apa itu? 
Authoring Tools adalah Software Package yang dibangun untuk membuat , mengedit, memasukkan dan menggabungkan elemen multimedia (teks, gambar, video, animasi, dan suara) untuk pengguna. Authoring tools juga ada bahasa pemrogramannya untuk membuat project yang interaktif.


Tipe -Tipe Authoring Tools



Slide, Card or Page based tools


Sistem authoring diorganisasikan seperti katalog atau tumpukan kartu. Sistem authoring dapat menggabungkan setiap halaman tersebut menjadi suatu urutan yang terorganisasi, tapi tidak menutup kemungkinan user dapat melompat ke halaman berapapun. Elemen multimedia dapat diaktifasi oleh sebuah event yang diinputkan pengguna.



Icon Based Authoring (event driven tools)


Setiap icon melakukan tugas yang berbeda beda, icon-icon tersebut dihubungkan satu sama lain untuk membentuk aplikasi yang lengkap. Icon based menyediakan pembuatan flow-chart untuk menggambarkan alur logis suatu program. Dengan icon, dapat mempermudah visualisasikan project pada user , akan tetapi jika icon terlalu banyak(ratusan/ribuan) icon yang digunakan, tentu saja akan mempersulit user maupun developer yang mengerjakan project tersebut.


Time Based Tools

Elemen multimedia (text, gambar, suara, film, dll) diopresentasikan dengan timeline. Timeline diopersikan dengan 2 sumbu (x dan y), sumbu x mengoperasikan waktu dan sumbu y menampilkan tracks. Durasi dapat di ubah / diatur dengan memanjangkan dan memendekkan alur. Fitur yang paling populer adalah adobe flash, windows movie maker dan masih banyak lagi.

Fitur yang Didukung Authoring Tools

Fitur Editing


Editing tools digunakan untuk membuat, mengedit dan mengkonversi elemen multimedia (gambar, suara, animasi, text, dan video). Contoh- contoh program yang digunakan untuk mengolah elemen multimedia adalah Adobe Photoshop, Adobe audition, Adobe Premier, Corel Draw.

Fitur Pengorganisasian

Mengorganisasi segala elemen multimedia dengan flowchart agar project tersusun secara sistematis.

Fitur Pemrograman


Program akan terlihat menarik apabila ada interaksi dengan user, membuat user lah yang mengatur alur informasi dari suatu project. Penyampaian maksud suatu project dapat didukung dengan animasi dan efek suara dengan waktu yang tepat. Project yang baik juga seharusnya mengijinkan user untuk mencoba project sebelum digunakan.

  • Program visual dengan icon dan objek merupakan proses authoring paling mudah dan sangat cocok digunakan untuk presentasi

  • Memprogram dengan bahasa scripting/tradisional artinya suatu project harus menyediakan bahasa tingkat tinggi (VHL) untuk navigasi atau control dan mampu menangani inputan user

Fitur Pengiriman


Software Authoring harus mampu membuat run time version (user dapat memainkan project tanpa harus menginstal) dari project yang dibuat. Akan tetapi user tidak diperbolehkan untuk mengubah struktur project.

Cross Platform Supports

Untuk menentukan apakah user menggunakan Windows atau Mac dan mencari software yang menyediakan sistem yang bisa cocok pada PC atau Mac


Sumber:


http://yenlina.files.wordpress.com/2010/05/t0553-08.pdf 
http://semmibinus.wordpress.com/2014/05/06/multimedia-authoring-tools/cicilianoviana.files.wordpress.com/2013/11/multimedia.pptx
http://uddsamuel.blogspot.com/2014/04/features-dari-multimedia-authoring-tools.html 



ASSIGNMENT!

Oke, untuk tugas kali ini, kami diminta untuk membuat aplikasi yang memuat beberapa aspek multimedia seperti gambar, video, animasi dan sound. Nah ini dia langkah-langkah pengerjaan serta hasilnya..
Step by step 1, 2, 3 dipdipbaridu~ *nyanyi CNBlue - Intuition*

Pembuatan Sound


  • Merekam suara (file hasil rekaman akan dalam bentuk ‘.amr’)

  • File diconvert ke dalam format mp3 dengan menggunakan software any video converter



  • Menggunakan Adobe Audition 
    • Penggunaannya hampir sama dengan Premiere 
    • Di sini kami hanya memotong (cut) suara di sini dengan cara blok frekuensi lalu tekan delete. 
    • Cara save (export) sama dengan premier, agar file bukan berbentuk project tetapi format mp3
     

  • Masukan file audio ke dalam adobe premier (di import)


Pembuatan Film



Menggunakan Adobe Premiere

  • import semua file yang akan digunakan 
  • drag dan atur waktu di timelinenya 
  • save media dengan cara export (ke format yang diinginkan, format yang dipakai ‘.flv’)


  


TADAAAAAAA ini hasil videonyaaaa~ 




Mana????
 Yaah gak bisa diupload karena over limit nih :(
Tunggu nanti aja yaaa kalau kami ke bagian presentasi materi ini hihi~
Have a nice day everyone!



No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com